Yamaha Aerox

500 Lilin Mengawal Malam Imlek di Klenteng Hok Lay Kiong

  Jumat, 01 Februari 2019   Ananda M Firdaus
Persiapan menyambut pergantian tahun baru Imlek 2570 di Klenteng Hok Lay Kiong, Jalan Kenari, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Timur, Jumat (1/2/2019). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET--Mendekati perayaan Tahun Baru Imlek 2570 yang jatuh pada 5 Februari mendatang, Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi terus berbenah, Jumat (1/2/2019).

Bermacam persiapan dilakukan, mulai dari bersih-bersih hingga menyediakan 500 buah lilin berbagai ukuran untuk menemani jemaat klenteng semakin khidmat dalam doa pergantian tahun.

AYO BACA : Menengok Helatan Imlek di Klenteng Hok Lay Kiong

"Lilin ukurang terbesar seribu kaki, sampai yang terkecil 50 kaki kita siapkan. Sebenarnya lilin sudah umum pasti ada, fungsinya lebih untuk penerangan buat ibadah," ungkap salah seorang pengurus klenteng, Bok Liong.

Menurut Bok Liong, pergantian tahun imlek sekarang dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada malam pergantian, tepatnya tengah malam, klenteng pasti dipenuhi jemaat sembahyang. Esoknya perayaan Cap Go Meh siap meramaikan suasana pergantian tahun.

AYO BACA : Jelang Imlek 2018, Toko Hio Diserbu Pembeli

Sama seperti yang sudah-sudah, perayaan Cap Go Meh pun pasti diikuti dari berbagai kalangan, maupun daerah. Pasalnya Klenteng Hok Lay Kiong merupakan klenteng tertua di Kota Bekasi yang otomatis selalu menyedot masyarakat luas.

"Sama seperti kemarin, pasti ada pawai ke jalan dengan melewati beberapa titik, pakai barongsai, macem-macem pokoknya. Yang ikut juga bukan cuman dari Bekasi, luar kota banyak," katanya.

Dia pun mengungkapkan, bahwa Tahun Baru Imlek 2570 merupakan pergantian tahun dari tahun bershio anjing ke shio babi tanah. Dia berharap di tahun baru ini, agar musibah yang sebelumnya pernah terjadi terulang.

Diharapkan juga masyarakat selalu diberi kedamaian dan kelancaran menjalani aktivitasnya sehari-hari.

"Makanya yang paling penting itu ibadah, meminta doa supaya Indonesia selalu diberi kedamaian," tandasnya.

AYO BACA : Perayaan Cap Go Meh di Bekasi Digelar Sederhana


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar