Yamaha NMax

Desa Setia Asih Sulap Sampah Kali Pisang Jadi Lahan Fasum

  Jumat, 11 Januari 2019   Ananda M Firdaus
Lokasi pengurugan sampah Kali Pisang Batu di Desa Setia Asih untuk dijadikan lahan fasilitas umum, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jumat (11/1/2019). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

TARUMAJAYA, AYOBEKASI.NET--Desa Setia Asih, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, menyulap sampah-sampah dari Kali Pisang Batu menjadi lahan fasilitas umum di desanya.

Diketahui, sampah-sampah yang diangkut dari Kali Pisang Batu tidak dibuang ke TPST Burangkeng, Kecamatan Setu, namun dimanfaatkan untuk kebutuhan Desa Setia Asih.

"Kebetulan di Setia Asih ini ada lahan kosong yang udah lama diprogramkan dijadikan fasilitas umum. Kebetulan juga ada pengerukan kali, karena kita butuh untuk program itu, akhirnya sampah diangkut ke sini," tutur Kepala Desa Setia Asih, Siti Qomariah di kantornya, Jumat (11/1/2019).

Dikatakan Siti, pemanfaatan sampah Kali Pisang Batu menjadi fasilitas umum yakni dengan cara diurug atau ditimbun ke dalam tanah. Pengurugan sampah diperuntukkan untuk membangun taman, kebun buah, dan pasar di wilayah Desa Setia Asih.

AYO BACA : Tri Akui Warga Kota Bekasi Berkontribusi Terhadap Sampah Kali Pisang

"Sampah-sampah itu begitu datang dari hasil normalisasi kali sudah kita siapkan alat berat untuk mengurug. Urugan sampah terus kita campur dengan tanah merah, nutupin lubang-lubang lalu dirapihkan sehingga jadi taman dan lain sebagainya," terang Siti.

Adapun lahan yang dipergunakan untuk fasilitas umum tersebut kurang dari satu hektare. Menurut Siti, sampah-sampah yang datang ke wilayahnya pun menyesuaikan dengan jumlah kebutuhan lahan itu sendiri.

Kendati begitu, Siti secara pribadi menyayangkan dengan fenomena daratan sampah di Tarumajaya. Pasalnya hal itu tidak secara langsung membuat wajah daerah terkesan buruk.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat, juga pihak-pihak terkait yang berkontribusi terhadap kotornya lkali untuk merubah sikap sehingga kejadian serupa tidak terulang.

"Jangan sampai-sampah ini dibuang sembarangan lagi karena merugikan kita semua. Dan kita sebagai aparat jangan lupa juga memperhatikan warga. Mungkin ada warga kita yang membuang sampah sembarangan karena di lingkungannya kurang sarana pembuangan," tandasnya.

AYO BACA : Daratan Sampah di Kali Bikin Keluarkan Bau Menyengat


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar