Yamaha NMax

Tanpa Sampah, Kali Pisang Tampak Masih Hitam

  Jumat, 11 Januari 2019   Ananda M Firdaus
Kondisi Kali Pisang Batu di Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, Jumat (11/1/2019). (Ananda M Firdaus/ayobekasi).

TARUMAJAYA, AYOBEKASI.NET--Aliran Kali Pisang Batu yang berada di wilayah Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, sudah tampak pulih tanpa tumpukan sampah seperti sebelumnya.

Sampah-sampah tersebut, yang diduga memanjang menutupi permukaan kali hingga lebih dari satu kilometer dan melintasi sejumlah desa dibersihkan sejak Sabtu (5/1/2019). Sampah yang behasil dibersihkan diperkirakan mencapai 300 ton.

Seorang warga setempat, Simbolon sangat senang lantaran pemerintah bisa menangani keluhan warga terhadap kali selama ini. Pasalnya bila tidak segera dibersihkan, maka bisa menimbulkan penyakit yang membahayakan warga.

"Ya takutnya itu (penyakit) datang. Udah gitu 'kan kali bau juga, sesak kalau tiap hari harus nyium," ujar dia kepada ayobekasi.net, Jumat (11/1/2019). 

Meski demikian, dia belum merasa puas dengan pengangkutan sampah di Kali Pisang. Sepanjang mata memandang, tumpukan sampah sudah mulai tidak terlihat, hanya saja warna air masih berwarna hitam pekat tanda terkontaminasi akibat sampah-sampah tersebut.

Sebelumnya, warna kali memang tidak terlalu hitam, terutama pasca adanya pengangkutan sampah dan hujan yang terjadi dua atau tiga hari sebelumnya sehingga mendorong kotoran dari dalam kali. Namun, kondisi kali yang masih hitam diharapkan dia normal seperti kali-kali di wilayah lainnya.

"Ya pasti pengen lihat kali bersih enggak item. Kesannya kalau item tetep buruk lingkungannya, walau sampah udah gak ada," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, aliran Kali Pisang Batu memang sudah terlihat tanpa sampah meski airnya masih berwarna hitam seperti kondisi sebelumnya. Selain itu, bau kali sudah tidak terlalu tercium pekat sehingga terlalu membuat mual.

Sampah-sampah di Kali Pisang Batu sebelumnya diakui akibat ulah oknum warga yang masih membuang sampah sembarangan. 

Wilayah Kota Bekasi, salah satunya di Kelurahan Pejuang yang berbatasan dengan Tarumajaya juga disebut memiliki andil terhadap kotornya kali, namun hari ini tengah dilakulan pembersihann dengan menggunakan alat berat. 


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar