Yamaha

Tol Cibitung-Cilincing Diproyeksikan Operasi 2019

  Rabu, 19 Desember 2018   Ananda M Firdaus
Pengerjaan kontruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing, Kabupaten Bekasi. (Rizky Andriyanto/Antara)

CIKARANG SELATAN, AYOBEKASI.NET--Pengerjaan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) diproyeksikan akan selesai dan siap dioperasikan pada 2019 mendatang.

Tol yang masuk ke dalam proyek strategis nasional ini tengah dikebut proses kontruksinya seiring dengan pembebasan lahan-lahan yang tersisa.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port (CTP) Tollways, Thorry Hendrarto, mengatakan hingga pertengahan Desember 2018, progres pengerjaan kontruksi JTCC telah mencapai 34,5%. Sementara progres pengadaan lahan baru mencapai 75,3%.

AYO BACA : Tol Japek II Elevated Diproyeksi Beroperasi Tahun Depan

Menurutnya, pembebasan lahan saat ini kebanyakan sudah dilakukan di Kabupaten Bekasi sehingga pekerjaan proyek baru sebatas dilakukan di Bekasi. Sementara di wilayah Jakarta Utara masih nol persen.

"Kendala di Jakarta Utara itu pembebasan lahannya ketinggalan dibandingkan Kabupaten Bekasi, masih 0% karena penataan lokasi juga baru 2017 akhir kemarin. Kalau di Kabupaten Bekasi sudah 84%," katanya di Cikarang Selatan, Rabu (19/12/2018).

Kendati demikian, pembebasan lahan di Jakarta Utara hanya sekitar empat kilometer dari kebutuhan keseluruhan jalur mencapai 34,8 kilometer. Sehingga pihaknya optimis JTCC dapat beroperasi pada 2019 nanti.

AYO BACA : Aturan Baru untuk Truk Overload di Tol Japek

"Kita harapkan urusan pembebasan lahan ini tuntas akhir Februari, sehingga jalan tol ruas Cibitung-Cilincing bisa dioperasikan akhir 2019, paling lambat 2020," katanya.

"Saat ini di Jakarta Utara dalam proses pembebasan lahan di empat kelurahan. Dua kelurahan sudah bermusyawarah, kita harapkan dalam waktu dekat awal Januari sudah bisa dilakukan proses pembayaran ganti rugi lahan dan Februari sudah proses konstruksi," tambahnya.

Total nilai investasi proyek JTCC sendiri mencapai Rp10 triliun lebih. Sementara biaya pengadaan tanah yang dibebankan pemerintah mencapai Rp4,6 triliun dan sudah terealisasi senilai Rp2,4 triliun.

Proyek JTCC sendiri termasuk bagian Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Nantinya pembangunan JTCC juga akan menjadi akses penghubung antara Pelabuhan Tanjung Priok dengan area industri seperti di Bekasi, Cibitung, Cikarang, hingga Karawang.

"Ruas JTCC juga akan mempercepat durasi tempuh dari Cibitung ke Cilincing yang sebelumnya tidak menentu. Kini dipangkas sehingga diperkirakan menjadi 45 menit saja," tandasnya.

AYO BACA : Sejumlah Lajur Tol Jakarta-Cikampek Akan Ditutup Sementara


   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar