Yamaha

Virus Damai Suporter Sepak Bola, dari Bekasi Hingga Seantero Nusantara

  Senin, 31 Juli 2017   Husnul Khatimah
Aksi damai bobotoh Persib dan The Jack Mania Persija di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jum'at (28/7). (AyoBekasi/Husnul Khatimah)

BEKASI, AYOBEKASI.NET – Semuanya gara-gara atau berkat Bekasi.

Gara-gara aksi damai yang dilakukan oleh suporter Persija Jakarta dengan Persib Bandung pada Jum’at (28/7/2017) lalu, virus perdamaian antara suporter sepak bola dengan aksi turun ke jalan pun terus merambah ke berbagai daerah. Sebut saja Purwakarta, Cirebon, dan beberapa kota lain.

Sebagaimana diceritakan sebelumnya, The Jack Mania bersama dengan bobotoh lakukan aksi 1.000 lilin untuk mengenang kepergian mendiang Ricko Andrean, suporter yang meninggal gara-gara pengeroyokan saat laga Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung.

Bukan semata-mata menggelar aksi seribu lilin, tapi kedua suporter klub sepak bola yang dikenal kerap berseteru itu justru menggaungkan perdamaian antara kedua kubu. Di depan pintu masuk gerbang utama Stadion Patriot Chandrabaga, keduanya terlihat akrab dan mesra.

Mereka bernyanyi bersama, menyalakan lilin bersama, dan berfoto bersama dengan mengenakan atribut kebanggaan mereka masing-masing. Pemandangan yang indah tentunya.

Selang dua hari, ikrar perdamaian antara kedua suporter menulari Purwakarta. Pada Minggu (30/7) kemarin, aksi damai itu digelar di luar Taman Air Mancur Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta. Bahkan, aksi damai kali itu dihadiri langsung oleh Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Dilansir dari laman AyoPurwakarta, aksi damai di Purwakarta itu dihadiri oleh ribuan suporter Persib dan Persija. Mereka bergandengan tangan sembari mengibarkan bendera dan atribut klub bola idolanya masing-masing. Kental dengan nuansa persahabatan.

Tak hanya itu. Sejumlah lagu yel-yel kebanggaan tim kesayangan dinyanyikan bersama tanpa ada umpatan caci maki tanpa permusuhan.

"Daripada kita ribut, mending berdamai dari pada jatuh korban," ujar salah seorang bobotoh Purwakarta, Dimas (21) di Purwakarta.

Pada hari yang sama, aksi serupa tergelar di depan Balaikota Cirebon. Namun makin asyik, karena dalam aksi di Cirebon kali itu, bukan hanya bobotoh dan The Jack Mania saja yang turun ke jalan. Suporter Persebaya, Bonek Mania dan Suporter Arema, Aremania ikut turun ke jalan. Akrab, satu kata yang terlintas untuk mereka.

Momen meninggalnya Ricko Andrean tampaknya menjadi preseden khusus bagi para suporter bola. Setelah Bekasi, Purwakarta, dan Cirebon, beberapa kota lain pun turut serta. Bogor, Cikarang, Karawang, Kuningan, Semarang, bahkan hingga Pekanbaru, turut menggelar aksi damai di daerahnya masing-masing. Meramaikan linimasa dengan haru.

Aksi-aksi damai yang digelar para suporter klub sepak bola itu menjadi kabar baik bagi dunia persepakbolaan Tanah Air. Mengingat, kericuhan antara suporter yang selalu bikin geger telah terjadi dalam waktu sekian lama.

Meskipun aksi damai ini terbilang hadir dengan skala yang masih kecil, setidaknya ketegangan yang ada di antara kedua kubu yang saling bertikai dapat diredam sementara waktu. Untuk kemudian bersama-sama berharap perdamaian ini terus berlanjut ke skala yang lebih besar. Semoga saja!

(Husnul Khatimah)

AyoBaca : Doakan Ricko, Bobotoh dan The Jack Berdamai di Bekasi

AyoBaca : Viking dan The Jack Ikrarkan Perdamaian di Purwakarta


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar