Yamaha

Lestarikan Seni Tradisi, Pemkab Bekasi Gelar Pembinaan Seni Padalangan

  Kamis, 30 Maret 2017   Asri Wuni Wulandari
Sejumlah peserta sedang belajar memainkan alat musik tradisional di gelaran Pembinaan Pepadi, Kamis (30/3). (AyoBekasi/Husnul Khatimah)

BEKASI, AYOBEKASI.NET -- Sebagai upaya untuk melestarikan seni padalangan di Kabupaten Bekasi, Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga adakan pembinaan untuk kelompok seni padalangan Kabupaten Bekasi pada 29 Maret hingga 1 April 2017 di komplek Stadiun Wibawa Mukti, Cikarang Timur.

Acara tersebut dihadiri oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Bekasi. Pepadi ini terdiri dari kelompok lingkung seni wayang golek, kelompok lingkung seni wayang kulit dan pamiarta wayang golek Kabupaten Bekasi

Kepala Seksi Pengembangan Kesenian Disbudpora Kabupaten Bekasi, Ulung Endi Suryadi mengatakan, acara tersebut digelar lantaran seni padalangan di Kabupaten Bekasi terlihat seperti mati suri.

"Kita perlu tahu salah satu warisan budaya adiluhung yakni seni wayang golek dan kulit atau disebut dengan istilah seni padalangan di Kabupaten Bekasi ini seperti mati suri,” ujar pria yang akrab disapa Ues ini kepada AyoBekasi, Kamis (30/3/2017). Oleh sebab itu pihaknya pun mencoba untuk mengangkat kembali citra padalangan.

Selain dinilai dapat menaikkan kembali gairah padalangan di Kabupaten Bekasi, pembinaan padalangan ini juga dapat membantu generasi muda yang sedang mendalami seni padalangan.

"Di dalam acara ini ada pamiarta wayang golek Kabupaten Bekasi, dimana pamiarta itu adalah generasi-generasi muda pecinta wayang golek yang tidak sedikit di antara mereka itu sedang memperdalam ilmu padalangan, jadi mereka bisa terbantu," ujar Ues.

Adapun acara pembinaan padalangan tersebut digelar selama tiga hari. Hari pertama diisi oleh pemaparan materi seperti teori padalangan, filosofis padalangan, hingga teori menabuh gamelan. Sedangkan untuk hari kedua dan ketiga lebih menitik beratkan pada praktek.

(Husnul Khatimah)


  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar